Pages

Monday 5 January 2015

Apa rencanamu tahun ini?

Alhamdulilah 
Kita masih diberi umur panjang menjalani kehidupan yang begitu menakjubkan ini. Mudah-mudahan kita tidak silau akan kenikmatan dunia ini. Dan selalu dalam lindungan dan jalan Allah. Amin 

Masih dalam suasana tahun baru masehi dan juga memperingati hari lahirnya Nabi besar Muhammad Saw, apa rencanamu tahun ini?. sambil memikirkan merangkai kata-kata untuk meulis blog ini lamunanku juga mulai melayang menerawang masa depan. 

Namun sebelum merencanakan sesuatu akan lebih baik kita megevaluasi diri kita satu tahun belakangan ini. 
Nabi Muhhammad perah bersabda:
 " Orang cerdas itu ialah orang yang mengevaluasi dirinya dan beramal untuk kehidupan sesudah mati. Sedangkan orang bodoh ialah orang yang mengikuti hawa nafsunya, seraya berangan-angan pada Allah".
Dengan mengevaluasi diri kita, akan muncul pertanyaan. 
"Apa saja sieh yang telah saya perbuat?"
"Mengapa rencanaku tahun kemaren belum terwujud? Kurang gigih kah saya dalam berusaha dan berdoa?"
"Apa saya terlalu bermalas-malas dalam bekerja/ belajar? Atau apakah saya terlalu sering mengeluh kepada sesama manusia?"
Jawabannya tentu kita sendiri yang mengetahuinya. Dan setelah kita tahu jawabannya kita ambil langkah-langkah kecil untuk berbenah. Memperbaiki sikap dan mengubah cara pandang kita.Jika impian tahun kemaren belumlah terwujud jangan pantang menyerah. Ayoo bangkit. yukk perbaikin apa saja yang kurang dari diri kita. 
  1. Yang awalnya suka berbicara yang kotor-kotor atau bahkan kasar yuk kita berubah berbicara dengan kata-kata yang sopan, baik, serta lemah lembut.
  2. Yang awalnya malas-malasan ayo mulai sekarang rajin belajar dan bekerja dan giat beribadah. Allah lebih menyukai hambanya yang selalu berikhtiar dan berdoa.
  3. Yang awalnya suka belanja. Stop it. Hemat dalam menggunakan uang. Saya sendiri tipe orang yang boros saya baru kelimpungan ketika sekarang lagi butuh uang untuk biaya lanjut kuliah. " kenapa yah tidak dari kemarin-kemarin menabung?". Dan baru beberapa bulan ini saya ikut tabungan Mandiri TRM. Tidak ada kata terlambat untuk menabung. Ayoo menabung.
Sebenarnya masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki bukan hanya hal diatas. Saya sendiri masih banyak sekali yang perlu di evaluasi bahkan mungkin lebih banyak dari teman-teman. 

Rencana, Rencana, dan Rencana.
Apa rencanamu?
Kamu dapat menulisnya dalam sebuah buku diary. Atau bahkan di Blog kamu atau di Handphonemu. Apapun medianya yang penting mudah untuk dibuka dan dibaca kembali. Saya sendiri biasa menulisnya di buku diary. Disana ada berbagai cerita2  :)

Untuk saya sendiri tahun ini saya berharap saya dapat meneruskan kuliah saya dan mendapat pekerjaan yang lebih baik. Dan keinginan yang lain rahasia.:P.

Selain rencana pribadi saya juga punya rencana, mungkin pak jokowi mau membantu saya?
saya berharap dari pemerintah mengadakan suatu pelatihan untuk warga-warga dikampung saya dan juga kampung-kampung lain di seluruh indonesia. Warga diberi pelatihan berwira usaha. Tidak perlu modal yang besar, mungkin dari hal -hal yang kecil. Membuat keripik tela, membuat kerupuk atau bahkan membuat kerajinan tangan. Selain diberi pelatihan warga juga di bantu untuk pendistribusian produk. Perlahan namun pasti warga akan dengan sendirinya mandiri. Saya juga berharap pemerintah lebih membatasi produk luar negeri dan lebih mempergunakan produk dalam negeri. Meski terkadang produk dalam negeri kualitasny tidak sebagus produk luar negeri. Namun saya yakin produk kita will be the best.
 




No comments:

Post a Comment