Pages

Saturday 30 July 2016

Dunia Sales, Gampang-Gampang Susah

Assamualaikum, Wr. Wb.

Sudah dua tahun berlalu menjadi bagian dari tim Sales Support. Menyenangkan bisa turut ambil bagian  memberi support tim sales untuk mencapai target.


















 
Foto : Program blitz Tim Sales FFI Car Free Day Simpang Lima Semarang 2016



"Untuk Dedy Irawan, target bulan ini sekian ratus juta yah. Apriyani Marlena sekian miliar", seru Mbak Yatmi, Supervisor Sales.

Target, Target dan target.
Target memang sudah menjadi makanan wajib setiap hari bagi seorang sales khususnya bagi sales yang bekerja di sebuah distributor. Namanya juga distributor, kegiatan utamanya membeli barang dari pabrik/supplier, menyimpan kemudian menjualnya kembali. Laba perusahaan didapat dari penjualan barang, semakin banyak yang dijual semakin banyak pula laba yang didapatkan.Maka dari itu, setiap bulannya perusahaan menentukan berapa target penjualan yang dicapai, kemudian membagikan ke beberapa tim sales atau beberapa sales tergantung perusahaan.

Tahukah kamu bahwa target yang harus dicapai oleh seorang sales macamnya ada banyak? 

 

Target yang harus dicapai oleh sales ada banyak macamnya, diantaranya:
1. Target value (total in Rp) 
    Merupakan target dalam bentuk nominal uang satuan rupiah. Misalnya saja target value bulan ini Rp. 
    8.000.000.000,-
2. Target OA (outlet Active),
    Merupakan target outlet/pelanggan yang harus dikunjungi sales dan melakukan transaksi. Biasanya
    perhitungan OA tidak didasarkan pada berapa kali Outlet melakukan pengambilan/pemesanan.Oa
    dihitung sekali pengambilan.  Misal Outlet Beny melakukan pengambilan pada tanggal 2, 10, dan 16
    Agutus 2016. Maka dapat disimpulkan OA sebanyak 1.
3. Target EC,
    EC merupakan jumlah transaksi outlet dalam sebulan. Semisal, Outlet Harapan lima-lima melakukan
    transaksi selama 2 kali yaitu pada tanggal 1 Agustus 2016 dan pada tanggal 16 Agustus 2016 maka 
    dapat dihitung EC sebanyak 2.
4. Target per Group Barang.
    Per Group Barang seperti produk susu memiliki varian seperti cair, powder/bubuk.
6. Target BP (Bauran Produk)
    Bauran produk merupakan rata-rata jumlah item yang harus ada setiap kali terjadi transaksi. Semisal
    Transaksi pertama dan kedua toko harapan sebanyak 6 item yaitu omela, uht 115 ml cok, uht 115
    ml straw, yes pillow grape, yes pillow strawbery, botol 180 ml. maka BP sebesar 3 didapatkan
    dengan menjumlah total item transaksi pertama dan transaksi kedua kemudian dibagi EC nya.

Tak jarang banyak sales yang menderita Mag Kronis gara-gara memikirkan target, hehe. bercanda.

Memang agak berat beban yang harus dipikul seorang sales. Namun meskipun begitu, dari sekian salesman (>2 tahun didunia sales) yang sempat kuwawancarai begini pendapatnya:
" Jadi Sales mudah, enak dan menyenangkan Kok"
"Dengan jadi sales, bisa kenal banyak orang, dan kadang ada outlet suka ngasih THR.heu.heu.heu"
"Outlet suka cerita bahkan sampai curhat lho, kita bisa jadi pendengar yang baik lho, malah kadang outlet minta aku jadi mantunya.wkwkwk"

Mendengar pendapat-pendapat dari salesman membuatku berpikir lagi, semua itu wang sinawang. Wang sinawang maksudnya adalah apa yang kita  lihat pada sesuatu yang dijalani seseorang sulit itu belum tentu sulit menurut yang menjalaninya.

Selain target, tentu perusahaan melakukan timbal balik reward/insentif bagi sales yang mampu target yang ditentukan. Dan biasanya insentif yang diberikan lebih besar dari gaji pokok yang diberikan tergantung kebijakan perusahaan. Untuk menunjang pekerjaan sales dalam mencapai target perusahaan telah menyiapkan uang sewa kendaraan, uang bensin yang diberikan setiap bulannya. Jumlahnya pun lumayan.

Sudah Mulai minat kan jadi Sales??

 

Jika kamu mau menjadi sales yang berhasil kedepannya  maka kusarankan (berdasar hasil kesimpulan beberapa pendapat sales berhasil) untuk :
Persiapkan keberanian layaknya superman/supergirl. 
Latih keuletanmu dalam berhitung,
Kita harus tahu target harian kita, simpan dalam pikiran kita
Rajin-rajinlah melakukan kunjungan ke outlet meski kita tahu outlet tidak akan order, 
Layani setiap keluhan pelanggan yang berkaitan dengan pekerjaan kita, untuk urusan curhat beda ceritanya loh ya
Jadi seseorang yang bisa dipegang omongannya, jangan sampai kita sudah janji akan mengirimkan barang besok, ternyata sampai sebulan kita tidak mengirimkannya tanpa konfirmasi pula
Hapalin Promo-promo, promo ini bisa jadi senjata untuk menarik minat pelanggan untuk membeli selain dari sisi harga lebih murah
Beri tahu outlet mengenai promo yang sedang berlaku,  
Terakhir jangan lupa berdoa ya.
Apapun pekerjaan kita, asal kita jalani dengan baik dan penuh tanggung jawab, insyallah keberhasilan tak kan jauh-jauh dari kita.










No comments:

Post a Comment