Pages

Monday 5 January 2015

Acara ndodog lawang


Belum ada sebulan setelah acara ndondok lawang itu. Saya masih berasa percaya tidak percaya " Ini beneran apa lagi mimpi ya?".

Apa itu Ndodok Lawang?

Ndodog lawang seperti acara temu keluarga. Diantara kedua keluarga saling bertemu dan berdiskusi mengenai kelanjutan hubungan  kearah yang lebih serius/ pernikahan. Pertemuan dilakukan di rumah si wanita. Khusus daerah Pati dan sekitarnya ndodog lawang berlangsung pada malam hari sekitar jam setengah 8 malam.

Ndodog lawang menjadi suatu hal yang wajib dilakukan sebelum berlangsung pernikahan. Mengapa demikian?. Ndodog lawang merupakan wujud keseriusan pihak laki-laki untuk memperistri pihak wanita. Selain itu, mengetahui apakah si wanita menerima/menola niat serius dari pihak laki-laki.


Sebelum mendatangi rumah si wanita, biasanya keluarga si pria menyiapkan berbagai jajanan yang akan dibawa ke rumah calon wanita. Jajanan dapat berupa jajanan tradisional seperti nagasari, kembang mayang, krecek, puntir, bolu, ketan dan lain-lain. Dari sekian jajanan yang ada, Jajanan yang paling utama ialah ketan/gemblong. Ketan-ketan yang akan dibawa di simpan dalam  baskom/wadah yang lebar dan bulat dan dihias.

Ketan merupakan simbol penting acara ndodog lawang. Ketika seorang wanita telah mendapatkan ketan dari seorang pria berarti wanita tersebut telah ada yang mengikatnya. Nah lalu bagaimana ketan tersebut dapat menginformasikan tentang diikatnya seorang wanita oleh seorang pria. Di dalam adat kami yaitu adat jawa, ketan yang telah diantar keluarga pria untuk diberikan kepada wanita calon  pada saat acara ndodong lawang berarti ketan tersebut sudah menjadi hak milik keluarga wanita. Pihak keluarga wanita kemudian akan memotong-motong kecil ketan tersebut sampai dikira cukup untuk dibagikan seluruh tetangga bahkan sanak saudara yang lain. Dan akhirnya tetangga akan mengetahui bahwa wanita tersebut telah diikat.

Saat keberangkatan menuju rumah pihak perempuan

Saya bersama rombongan dari pihak laki-laki, menuju rumah pihak wanita jam 8.00 wib. Sesampainya di rumah si wanita, kami disambut hangat oleh pihak keluarga wanita. Satu-persatu rombongan memasuki rumah. Sesepuh (orang yang mewakili orang tua pihak laki-laki) masuk terlebih dahulu kemudian disusul si laki-laki, orang tua dari laki-laki, dan pendamping. Urut-urutan saat memasuki rumah wanita ini dimaknai sebagai perlindungan kepada calon perempuan. Setelah itu, dilakukan acara perkenalan.

Inti dari Acara Ndodog Lawang
 

Setelah acara perkenalan dan basa-basi, masuk ke acara inti orang tua pihak laki-laki mengutarakan maksud kedatangannya. Dalam acara inti, ada beberapa hal penting :
  • Menanyakan Hari pasaran kelahiran wanita /weton(legi, paing, pon, wage, kliwon). Setelah diketahui hari pasaran kelahiran , sesepuh yang memilki kecakapan menghitung hari pasaran mencocokkan dengan hari pasaran  kelahiran laki-laki.  Hal ini dilakukan bukan tidak ada tujuan. Tujuan utamanya adalah untuk meminimalisir  datangnya bencana rumah tangga yang akan dibina di kemudian hari.
  • Setalah weton diketahui, dan perhitungan memberikan hasil yang bagus, selanjutnya penentuan tanggal, bulan dan tahun pernikahan.

Finally tukar cincin via www.islamcendekia.com

Sempat kawanku itu bercerita bahwa ia ingin serius dalam suatu hubungan. Dan tak saya kira itu benar adanya, saya kira bercanda. Namun saya senang karena berarti kawanku merupakan pria yang sudah mampu mengambil keputusan, insyallah jadi pria yang bertanggung jawab dan jadi calon imam yang baik untuk pasangannya. 

"Mut, nanti datang kerumah ya?"
Ia mengirim sms waktu itu. Untuk apa ? lalu ia pun membalas " saya akan lamaran, datang yah".
Benar-benar kaget waktu itu. Saya sampai ingin membuktikan apakah yang dikatakannya benar ataukah hanya bercanda. Saya pun benar datang bersama teman-teman saya. Batik sepertinya jadi pilihan baju acara ndodog lawang kemarin. Tak sengaja memakai batik namun ternyata klob semua. Banyak orang disana banyak jajan, banyak ketan, kendaraan-kendaraan pun tleah siap. Ini beneran, tidak bohong, tidak sedang mimpi pula. Mengingat umur kami yang masih relatif muda palagi untuk ia ukuran cowok.

Kagetnya lagi, ternyata kawan saya dapat calon dekat rumah, naek motor lima menit saja langsung sampai. Benar-benar Surprised

Selamat A. H. mudah-mudahan ia adalah jodoh yang dipilihkan Allah untukmu.
Selanjutya siapa yang akan menyusul A.H? 
F.A.S
S.M
Z.M
M.C
R.M.S
N.L
Tunggu kelanjutanyya.ya :D

Tak tunggu undangan nikahnya kawan.. A.H :)


No comments:

Post a Comment