Pages

Saturday 30 July 2016

Kecil-Kecil Sudah Mengaji, Dewasa Jadi Orang Berilmu Tinggi


  
Menyenangkan bisa melihat anak-anak tumbuh besar dengan bekal ilmu agama yang cukup.


Sebagai orang tua, kakak ipar telah mengambil langkah yang tepat dengan menyekolahkan anaknya di sebuah Taman Pendidikan Al Quran. Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membekali ilmu agama sehingga kelak ketika anak tumbuh besar  dan sudah tidak lagi dalam pengawasan orang tua maka anak sudah punya pondasi kuat dalam mengambil langkah-langkah yang tepat sesuai nilai agama yang diajarkan.

Di TPQ ponakanku tidak hanya mendapatkan ilmu tentang bagaimana membaca lafadz-lafadz Al Quran , namun juga mendapatkan ilmu tentang kehidupan sehari-sehari. Sedikit cerita soal kehidupan ponakanku semasa berumur 4-7 tahun, ponakanku ini agak bandel, dan susah untuk diajak ngaji alasannya ada-ada saja. Namun sekarang berubah drastis solatnya lebih rajin, bahkan sering puasa senin kamis. Saya pikir ini karena lingkungan TPQ yang mendorongnya untuk menjadi anak yang rajin.

Memang mengajak anak untuk mengaji bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, yang terpenting adalah kita sebagai orang tua dapat menjadi contoh pertama. Tak perlu takut semisal kita sendiri tidak bisa mengaji, yang terpenting kita punya semangat tinggi untuk mendorongnya.

Mudah-mudahan anak-anak kita, ponakan-ponakan kita dengan kita bekali ilmu agama insyallah kelak jadi seseorang yang tidak hanya berilmu tinggi namun juga berakhlak mulia. AMin





No comments:

Post a Comment