Pages

Saturday 21 October 2017

Tips Jitu Lulus Seleksi Kompetensi Dasar SKD CPNS

Menjadi PNS merupakan idaman bagi sebagian orang. Ada yang berasalan ingin jadi abdi negara, disuruh orang tua, ada juga

"Aku mah biar kelihatan keren  aja di mata masyarakat, pakai seragam PNS"
"PNS itu kerjanya nyante, gak kayak kerja di Swasta, otak tenaga kita bener-bener diperes"
"Kesempatan jadi pegawai tetap bener-bener terbuka lebar, kita juga bisa lanjut sekolah dengan mudah, Ijazah kita dihargain"

Apapun alasan kamu, intinya kamu ingin jadi PNS. Dan untuk menjadi PNS itu bukanlah hal yang sulit , dan bukanlah hal mudah. Loh gimana sih kok gak sulit tapi juga gak mudah?
Ya karena mudah atau sulit itu sangat relatif bergantung pada pengalaman , usaha, kepandaian,  keaktifan, kebiasaan bahkan bisa jadi keberuntungan.

ah gampang, asal kita punya banyak duit, ada kenalan orang dalam!

Tolong dibuang ya pikiran -pikiran buruk bahwa menjadi PNS harus bermodal besar. Ya meski masih ada beberapa ognum melakukan tindakan suapisme (suap) menurutku hidupnya ga berkah, belum jadi PNS sudah ada pikiran suapisme, bagaimana jika sudah jadi? Nah lho, ujung -ujungnya korupsi lah. Yakin saja bahwa Allah tak akan menyia-nyiakan orang yang berusaha bekerja keras dan tak henti-henti berdoa, Allah mempunyai seribu jalan itu yang tidak bisa dinalar oleh otak kita.

 lalu apa intinya biar jadi PNS dengan mudah?

USAHA, DOA, YAKIN
 
simpel bukan? hanya 3 kata saja. hehe
lanjut yuk kita bahas bareng-bareng penjabaran dari tiga kata diatas.

1. USAHA
Apa saja sih usaha yang harus kita lakukan?
Pertama-tama kamu harus tahu dulu untuk menjadi  PNS kita harus jadi CPNS terlebih dahulu. Nah untuk jadi CPNS, secara umum kita harus melewati beberapa tahap yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, seleksi kompetensi bidang melalui CAT, seleksi kompetensi bidang melalui wawancara.
-Seleksi Administrasi
Seleksi ini bertujuan untuk melihat apakah prasyarat yang ada di formasi yang kamu lamar sesuai dengan kualifikasimu. Usahamu untuk step ini ialah dengan melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan jauh-jauh hari, seperti KTP yang masih berlaku, Ijazah, Transkrip nilai, KK.dll. Jangan sampai disaat ada pendaftaran CPNS KTP ternyata hilang atau entah dimana. Dan biasanya saat masa-masa pendaftaran ada tambahan prasyarat kusus seperti surat lamaran, surat pernyataan, surat domisili, toefl dll.
Kamu harus jeli membaca setiap detil informasi prasyaratnya, kesalahan kecil saja bisa memupuskan harapanmu jadi PNS. Misalnya ada prasyarat pengiriman berkas dilakukan secara online melalui upload dokumen, dan kamu malah mengirimkannya ke instansi terkait atau kamu melakukan typo saat menulis lamaran atau bahkan kamu lupa menempelkan materai di surat pernyataan.

Bagi kamu yang bingung mau melamar formasi apa, karena jurusanmu masuk di semua formasi?
tipsnya adalah pilih formasi yang mempunyai jumlah kebutuhan paling banyak. semakin banyak jumlah kebutuhan formasi tertentu, semakin besar kesempatanmu untuk lolos. Semakin kecil jumlah kebutuhan formasi tertentu, maka kesempatanmu lolos juga akan semakin kecil karena tentu kamu harus berjuang dengan pelamar lain dengan nilai yang relatif tinggi.

-Seleksi Kompetensi Dasar
Belilah/ pinjam buku-buku yang membahas mengenai kumpulan-kumpulan soal tes CPNS jauh-jauh hari (2 s.d. 3 bulan sebelum tes SKD). Tentu saja bukunya tidak hanya dibeli atau dipinjam, namun harus kamu kerjakan dan kamu latih kecepatan mengerjakan soal-soal yang ada. Ada 100 soal pada tes SKD melalui CAT, dengan waktu total 90 menit, itu tandanya 1 soal kurang dari satu menit. Kalau kamu tidak cepat mengerjakan soal you will get lost.

Tes SKD sendiri terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TwK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik kepribadian (TKP) yang masing tes memiliki nilai passing grade/ nilai minimal untuk lulus. Untuk mengetahui passing grade masing-masing bidang tes kamu bisa membaca informasi terkini dari KemenpanRB(Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara).

Kebanyakan pelamar CPNS tidak lolos tes wawasan Kebangsaan, salah satu tips jitu untuk tes ini adalah kamu hapalkan ya UUD 1945 berikut Bab-Bab nya, tidak perlu harus sama persis yang penting per pasalnya kamu ngerti, selain UUD 1945 pahami juga Pancasila berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. kamu juga harus eksplore lagi wawasanmu dengan membaca sejarah Indonesia, Tata negara Indonesia, serta isu-isu terkini mengenai Indonesia, Politik Luar Negeri Indonesia dll.

Untuk TIU beberapa hal yang kamu perlu latih mengenai  sinonim, antonim kata, logika matematika, deret bilangan, soal kecepatan, pecahan, kemampuan verbal dll. yang penting dalam tes ini adalah latih kecepatan dan biasakan membaca dan memahami soal cerita.

Tes karakteristik kepribadian (TKP), tes ini tergolong mudah, karena tes ini bertujuan melihat aksi kita saat diberikan suatu kondisi, tipsnya adalah baca soal sekali saja lalu cari jawaban menurutmu pas. dalam tes ini tidak ada benar atau salah, setiap jawaban memiliki nilai tersendiri yang berkisar antara 1-5 poin.

2. DOA
Selain usaha, kamu wajib berdoa. Dengan kekuatan doa, maka insyallah kita akan diberi kelancaran, kemudahan. Kamu bisa saja berpikiran

"ngapain berdoa, usaha aja udah cukup. aku udah pinter, materi udah kuhapal diluar kepala"

namun percayalah, kesombongan hanya akan mengantarkanmu kedalam penyesalan. Sebagai contoh jika kamu tanpa doa, ternyata pas saat tes kamu sakit, atau malah blank materi. Doa itu penting gaess.
Minta doa ortu, sodara, bahkan teman-teman ya.ohya jangan lupa solat sunnahnya ya gaes, and baca kitab kita.

Setelah doa kamu juga tidak boleh pelit, kamu harus sumbangkan/sedekah sebagian uangmu bisa ke tetangga yang gak punya, atau ke negara yang sedang terkena bencana atau perang seperti suriah, rohingya, dll. Sedekah tak akan membuatmu miskin kok tenang saja. Justru malah sebaliknya.


YAKIN
Setelah usaha, doa, yang tak hento-hentinya, finally kamu pasrahkan kepada Allah, biarkan tangan Tuhan yang berbicara. Yakin bahwa Allah akan beri kita yang terbaik entah itu lolos menjadi PNS atau tidak lolos. Yang terpenting kita sudah melakukan yang terbaik.


Ayoooo, Semangat kita semua sama, Kita Bisa!!

No comments:

Post a Comment