Pages

Saturday 9 April 2016

Membuat Aplikasi Android Mudah, Simple tanpa Koding (APP Inventor)



Android telah merajahi dunia mobile saat ini, bagaimana tidak? Setelah sebelumnya kita sempat akrab dengan OS (Operating System) Symbian, Black berry, namun coba kita perhatikan mobile phone yang dipakai orang-orang sekitar. Hampir 80 % menggunakan mobile phone dengan basis OS android. Bahkan black berry yang unggul dengan aplikasi BBM nya, sudah mulai ditinggalkan. Aplikasi BBM yang sebelumnya hanya dapat running di mobile phone basis Blackberry, saat ini dapat dengan mudah jalan di mobile phone basis android. Karena peminatnya yang semakin meningkat, banyak vendor turut mengembangkan produknya dengan OS Android.


Aplikasi Android yang ditawarkan juga sangat bervariasi, mulai dari aplikasi untuk pendidikan, game, hiburan, dll. Ternyata untuk membuat aplikasi Android tidaklah perlu mempunyai keahlian khusus seperti harus menjadi programmer Andorid terlebih dahulu, kita orang awam juga dapat membuatnya. Saat ini  mungkin kita hanya sebagai penikmat dan pengguna aplikasi Android. Namun apa salahnya jika kita mencoba untuk jadi pembuat aplikasi? Bukankah suatu hal yang menyenangkan bisa turut membuat aplikasi Android ? Bukan lagi hanya sekedar penikmat namun sudah menjadi pembuat. 
 
“Sudah ada fikiran membuat aplikasi Android nih. Lalu bagaimana sih cara membuat aplikasi android? Softwarenya apa saja? kira-kira software untuk membuatnya bisa dengan mudah diinstall di komputerku tidak? Saya kan males koding nanti gimana?”
 
Pertanyaan ini pasti terlintas di benak kita, saat kita sudah mulai memikirkan untuk jadi pembuat Aplikasi Android. Namun tenang saja. Karena membuat Aplikasi Android itu mudah, Simple. Hanya sedikit memainkan logika dan desain. Kita hanya perlu menyediakan PC/Notebook yang sudah terhubung dengan jaringan internet. Untuk softwarenya kita dapat menggunakan APP Inventor tanpa perlu install di komputer. Di APP Inventor kita tidak perlu koding ribet, tinggal menempel-nempel layaknya puzzle.
 
Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara membuat Aplikasi Android dengan mudah ? Disini saya akan sedikit berbagi mengenai cara membuat aplikasi yang terbagi dalam beberapa section:
1. Hari Ke-1 : Aplikasi Android Music Player satu Screen
2. Hari Ke-2 : Aplikasi Android Music Player Multi Screen Memanfaatkan Tiny DB

1 comment:

  1. mut jangan lupa kalo mau nonton film bioskop online di

    adrimovie.blogspot.co.id

    ReplyDelete