Pages

Friday 1 April 2016

Jadikan Pujian dan Kritikan untuk Koreksi Diri

Ada seorang pakar psikologi yang menyampaikan bahwa

"anak yang tumbuh bersama dengan ibu atau ayah akan berbeda terhadap perkembangan di masa dewasanya.
Seseorang yang tumbuh dan dibesarkan oleh seorang ayah cenderung mempunyai Percaya diri yang tinggi.
Sedangkan sesorang yang dari sejak kecil tumbuh dan berkembang bersama ibunya dari segi akademik ia akan menonjol namun dari segi kepercayaan diri lemah"

Tidak bisa dipungkiri ini hampir benar adanya meski belum ada sumber yang jelas-jelas melakukan penelitian mengenai hal ini.

Rasa tidak percaya sering muncul. Sadar atau tidak sadar orang-orang disekitar melihat jelas perubahan sikap yang tiba-tiba. Hari kemarin bertemu memberi ulasan senyum dan sapaan "Hai, apa kabar??". Hari ini berubah drastis, kali ini hanya seulas senyum tanpa sapaan. Esok hari bisa berubah tanpa senyum tanpa sapaan. Tentu saja orang sekitar akan bertanya-tanya ada apa mengapa aneh saja.
Perubahan-perubahan dari yang awalnya excited terhadap suatu hal/objek menjadi menurun dipengaruhi oleh kondisi sekitar antara lain:

Pujian
Terbiasa mendapat pujian dari sejak kecil secara tidak langsung akan membentuk karakter pada masa dewasanya. Pujian sepertinya sudah jadi suplemen yang kuat untuk meningkatkan percaya diri yang sempat hilang.  Tak terganti. Padahal jika ditilik lebih jauh pujian justru membuat seseorang lemah dan congkak. Merasa bahwa dirinya orang yang penting dan perlu mendapatkan perhatian dari orang-orang skitar.

#Jika mendapat pujian, katakan dalam hati alhamdulilah " Terimakasih atas pujiaannya ini adalah berkah illahi"

Kritikan
Kritikan seperti jadi sebuah hantaman batu dari atas gunung yang menggelinding. Tidak menerima kritikan orang lain dan justru membuat benteng pertahanan diri dengan mengatakan "aku tidak seperti itu, diam!". Kritikan seketika membuat Mood menjadi turun sehingga rasa malas akan sering muncul dan tidak jarang akan menarik diri. Terima kenyataan dan sadari bahwa orang lain sedang memberikan suatu kebiakan dan perhatian.

#Terimakasih kritikannya insyallah esok saya akan perbaiki

No comments:

Post a Comment