Pages

Monday 15 July 2013

Membuat SubReport dengan Cristal Report 8.5

Jika anda mempunyai beberapa tabel untuk ditampilkan sekaligus dalam satu laporan, namun bingung karena kurang menguasai mengenai query. Maka cara kedua yang perlu dicoba yaitu dengan menggunakan SubReport. Inti dari SubReport adalah membuat banyak report-report kecil yang kemudian ditampung dalam satu report besar (selanjutnya disebut Main Report).
Disini saya akan menampilkan laporan  riwayat pendidikan umum dan riwayat pendidikan militer per pegawai (nrp). Dalam Tabel pegawai mempunyai struktur dimana satu pegawai bisa  mengikuti banyak pendidikan militer dan mengikuti banyak pendidikan umum. Dibawah ini merupakan gambar struktur tabelnya.

                                                                       Disini saya mengiginkan format laporan dijejer kebawah secara vertikal untuk itulah alasan penggunaan sub report. Sebelum memasukkan sub report ke report utama atau main report persiapkan terlebih dahulu Buatlah tiga report, satu untuk main report dan dua diantaranya untuk sub report. Dalam hal ini main report berisi tabel pegawai. dan dua report lainnya berisi tabel riwayat pendiidkan umum dan tabel riwayat pendidikan militer. Karena saya ingin menampilkan per pegawai berdasarkan nrp maka lakukan selecting formula pada main reportnya dengan cara : Klik report pada menu bar, pilih edit selecting formula, pilih record maka akan muncul jendela baru yang bernama record selecting formula
 
kemudian save, sesaat setelah save data maka akan muncul  dua pilihan save data atau refresh data maka pilih refresh data. Laporan akan ditampilkan sesuai dengan nrp dalam hal ini nrp "11000006840972". Perlu diingat bahwa untuk laporan yang akan dijadikan sub report tidak perlu melakukan selecting formula karena akan secara otomatis mengikuti main reportnya.
Untuk selanjutnya adalah langkah-langkah memasukkan sub report ke dalam main report:
  • Bukalah main report yang telah dibuat kemudian klik kanan pada Report Footer kemudian pilih insert section below. Kemudian dari menu bar klik insert klik sub report maka akan muncul jendela seperti dibawah:

klik browse lalu pilih report yang telah dibuat setelah itu pilih tab link 
pada available fields pilih main report yang dijadikan sebagai perimary key kemudian klik >. Pada combo box select data in subreport based on list maka pilih nrp dari tabel pendidikan militer (foreign key).
  • Hasil Laporan seperti dibawah ini:


Mudah-mudahan bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment