Pages

Wednesday 19 February 2014

Apa saja yang perlu dibawa ketika wawancara?

Hari yang spesial untuk kita yang sedang mencari kerja. Ya wawancara. Kita akan diwawancara setelah kita mengirim lamaran kita ke perusahaan. Ini merupakan hal yang paling dinantikan. Kita perlu membawa diri dan menjaga sikap kita. Apakah benar? atau salah?. Ada tiga hal penting yang perlu kita bawa dalam wawancara ketika kita sering bertemu dengan orang-orang profesional. 
  • Folder untuk peralatan tulis, surat lamaran dan berkas penting.
Pilihlah folder yang bagus sebagai tempat menyimpan kertas dan peralatan tulis. Ini akan membuat kita terlihat profesional. Dan sebelumnya kita bisa menulis di kertas kecil beberapa pertanyaan dan jawaban yang mungkin akan ditanyakan pewawancara.
  • Kopi sebanyak-banyaknya resume/daftar riwayat hidup kita
Persiapkan untuk mengkopi daftar riwayat hidup tempat kita diwawancara. Adakalanya pewawancara kehilangan berkas lamaran kita dan akan meminta resume kita ketika wawancara. Resume antara satu perusahaan dengan perusahaan lain terkadang berbeda sehingga kita perlu juga kopian pegangan agar kita tidak lupa.
  • Berkas Lamaran
Orang yang akan mewawancarai kita belum tentu adalah orang yang telah membaca surat lamaran kita.Mungkin saja pewawancara akan meminta ulang berkas kital Jadi mari kita persiapkan dengan baik. 
Mari mencontoh kata-kata nenek moyang "Asahlah parang sebelum menebang pohon". Persiapan yang baik insyallah akan memberikan banyak peluang bagi kita untuk lolos dalam wawancara. Mudah-mudahan kita adalah orang-orang yang selalu beruntung dan diberkahi oleh Allah SWT. 

No comments:

Post a Comment